Sabtu, 19 Mei 2012

MUHAMMAD, buku pertama saya tahun ini

Aku bersaksi tiada tuhan kecuali Alloh, dan aku bersaksi Muhammad utusan Alloh. 

Kalimat seperti tadi menjadi kalimat "langganan" buat kita yang muslim. Sehari 5 kali atau bahkan lebih. Tapi sebagai hamba Allah dan umat Rasulullah, apa kita sudah cukup mengenal sosok pimpinan kita. Mungkin diantara kita lebih mengenal siapa kekasih Brad Pitt dari pada siapa istri Muhammad SAW. Hehehe.. gak salah sih tau Angelina Jolie. Tapi harusnya kita kenal juga siapa Khadijah, ataupun Aisyah. Tapi sih saya yakin, sebagian dari kita udah pernah belajar tentang sejarah Muhammad SAW. Tapi ngaku deh seberapa inget kita sama kisah hidup sang Rosul kita. Nah lo... katanya umat Muhammad..?!

Saya juga termasuk orang yang kadang lupa, atau bahkan tidak tau dari berbagai cerita mengenai sejarah Rosul. Makanya, waktu beberapa hari lalu jalan ke toko buku, buku sejarah Muhammad SAW yang saya cari. Dari beberapa buku yang ada, pilihan saya jatuh kepada buku karya dari Martin Lings ( Abu Bakr Siraj Ad-Din ) , seorang Cendekiawan muslim asal Inggris. Karya aslinya berjudul Muhammad: His Life Based on the Earliest Sources, dan sudah diterjemahkan ke beberapa bahasa, diantaranya Itali, Jerman, Prancis, Spanyol, bahkan Indonesia.

Dalam bahasa Indonesia, buku Lings diberjudul Muhammad : Kisah Hidup Nabi Berdasarkan Sumber Klasik.




Membaca buku ini menyenangkan. Si penulis begitu indah menceritakan kisah hidup Al amien. Bagaimana dan seperti apa sosok Muhammad, siapa-siapa saja orang yang berhubungan dengan Muhammad yang (mungkin) kita belum pernah tau, diceritakan dengan detailnya oleh si penulis. Bahkan cerita jauh sebelum kelahiran Muhammadpun tak luput diceritakan Lings dengan bagusnya. Lengkap kalau boleh saya bilang. Apalagi dengan bahasa yang bagus membuat saya sayang untuk melewatkan setiap halamannya. Makanya, saya yang baru separuh membaca buku ini sudah tidak sabar ingin merampungkan halaman ke 671. :)

Oya, buku ini juga terpilih sebagai biografi terbaik dalam Bahasa Inggris pada Sirah Nasional di Islamabad, Pakistan, 1983.

Pokoknya buku ini RECOMMENDED banget deh buat kita yang pengen kenal lebih dekat dengan Nabi kita, Muhammad SAW.



Thanks :  http://en.wikipedia.org/wiki/Martin_Lings





Tidak ada komentar:

Posting Komentar